Jenis dan manfaat cokelat

cokelat, makanan yang terbuat dari buah kakao ini banyak diminati manusia di penjuru dunia lho.
Buat kamu pecinta sejati coklat wajib tau dong apa aja sih jenis-jenis dan manfaatnya yg udah di kembangkan sampe zaman sekarang ini.
Yuk kita intip bareng-bareng !

1. Couverture

merupakan jenis coklat terbaik, persentase lemak kakao-nya yang tinggi sehingga punya cita rasa yang sangat baik. Biasanya digunakan untuk pembuatan produk coklat buatan tangan. Sebelum digunakan coklat  ini harusv dilelehkan dulu.

2. Plain Coklat
Coklat jenis ini baik digunakan untuk kue, cake, dll. Persentase massa kakao  antara 30% - 70%. Semakin tinggi konsentrasi massa kakao semakin baik flavornya.

3. Coklat Susu

Merupakan campuran gula, cocoa butter, coklat cair, susu dan vanilla. Coklat jenis ini paling banyak dikonsumsi. Massa kakao nya cukup rendah hanya 20% dan rasanya lebih manis dibandingkan plain coklat. Cokelat ini paling disukai anak-anak lho!ga heran karena rasanya yang manis bercampur susu bener2 lengket di lidah. Eitss, tapi kalo kita mau bikin kue, cokelat jenis ini bukan pilihan yang baik. Karena cokelat ini mudah hangus bila dilelehkan.

4.  Coklat Putih 

Coklat putih”  berasal dari lemak biji cacao . Jadi sama sekali tidak mengandung “coklat”, tapi secara fisik mirip dengan coklat. Dalam proses pembuatannya lemak di campur dengan susu dan gula dan akhirnya menjadi “coklat putih”. Beberapa permen “coklat putih” juga dibuat dari lemak hewan.
Karena mudah hangus, cokelat ini harus dimasak dengan hati-hati. Selain dikonsumsi langsung cokelat putih digunakan juga digunakan untuk dekorasi.

5. Minuman Coklat
Produk minuman dari coklat yang terdiri dari massa kakao dan mengandung kadar gula yang tinggi.

Manfaat Cokelat

Selain untuk dikonsumsi cokelat juga punya banyak manfaat, berikut penjelasannya :

  • dari segi kecantikan cokelat dipercaya dapat melembabkan dan melembutkan kulit. caranya dengan mengeleskannya atau memakainya sebagai masker.Tapi, hati-hati dalam memilih coklat, karena sekarang banyak dijual coklat yang murah harganya namun tidak mengandung cocoa butter ( faktor baik dari coklat), namun menggunakan vegetable fat.Coklat yang menggunakan vagetable atau yang dikenal dengan sebutan chocolate compound, dapat menyebabkan kegemukan dan menimbulkan jerawat bagi yang sensitif kulitnya(iiih...serem kan?pengen cantik tapi nantinya malah berbintik..)
  • dari segi kesehatan penelitian terbaru menunjukkan bahwa cokelat dapat memberikan kesehatan alami substansi yang disebut flavonoid.
    Sejak flavonoid diketahui dapat membantu mencegah penyakit jantung dan kanker, ide makan coklat terdengar seperti menggoda dan lezat cara untuk lebih baik kesehatan Anda. Pesan lengkap, bagaimanapun, bahwa meskipun mungkin cokelat lebih baik daripada memperlakukan lain, maka tidak ada pengganti untuk sayuran dan buah-buahan, yang juga mengandung flavonoid.Flavonoid pada cokelat penelitian laboratorium menunjukkan bahwa untuk memiliki efek antioksidan kuat disebut flavanols dan procyanidins. Kedua senyawa flavonoid berasal dari "keluarga" yang mencakup resveratrol, ditemukan di jus anggur, dan EGCG, yang ditemukan di teh hijau. Ketika orang mengkonsumsi bahan ini dalam cokelat dan kakao, status antioksidan darah mereka meningkat.
  • dari segi bisnis cokelat punya peluang cukup besar untuk menghaasilkan pundi2 uang yang menggiurkan, seperti membuka spa cokelat, mengolahnya menjadi berbagai makanan lezat dan unik,cinderamata, hadiah untuk orang yang kita sayangi, dan banyak lainnya.
hmm,,itulah hal menarik yang bisa saya bagi buat kalian para chocolovers...
terimakasih sudah membaca.
PS: Salam hangat untuk kalian. SEE YOU ;)





Comments

Popular Posts