Terlalu fokus keluar.


Beberapa teman menceritakan betapa menyebalkan hidupnya, kenapa dia gak punya uang banyak, kenapa orang-orang munafik, kenapa bos dia nyebelin, kenapa keluarga dia apatis dan gak pernah mendukung, kenapa..kenapa.. dan kenapa lainnya diikuti serapah dan makian. Karena aku tipikal orang yang lebih suka mendengarkan & mengamati jadi aku berusaha nyimak mulai dari intonasi dia, raut wajah, cara pikir, sampe inti masalahnya dia itu apa sebenernya. Well, my conclusion is.. menurut saya kita semua terlalu menuntut lingkungan luar, tapi lupa benerin / ngaca sama diri sendiri. 

Kita pengen orang respect sama kita, pengen di hargai, pengen disayangi, pengen oranglain lemah lembut ke kita tapi kita sendiri kepribadiannya sarkastik, ngomong gak di filter dulu (gak sadar banyak orang yang tersakiti, dan menurut pengamatan saya juga, beberapa orang malah bisa tersenyum saat dia merasa tersakiti! ini nih yang kudu hati-hati), gampang menghina/menghujat orang, hal-hal yang mungkin tidak disadari kayak gitulah yang bikin orang kesel dan hasilnya orang bakal jahat, gak respect, males. Karena pada dasarnya apa yang kita terima dari lingkungan luar kita adalah hasil dari sebab-sebab yang kita lakukan sebelumnya. Ibaratnya jangan harep dikasih emas kalo tiap hari lempar kotoran, (pastinya kamu bakal di lempar balik pake kotoran yang mungkin lebih gede, itulah hidup. Siapa yang menabur dia yang menuai, kamu tabur biji busuk jangan ngarep buah bagus, ya busuk juga pasti yg didapet.) 

Jadi daripada sibuk mempertanyakan kenapa orang bersikap kayak gitu ke kita, mending kita liat dulu ke diri sendiri apa saya ada salah yang akhirnya bikin sikap orang tersebut kayak gitu? Apa sikap dan kata-kata kita ada yang melukai hati dia/enggak, think about it. Emang sulit mengakui kesalahan dan mengakui kalau diri sendiri yang ternyata salah duluan, tapi itu bikin kita lebih paham kedepannya. Dan kalaupun emang bukan kita yang salah, tapi emang oranglain itu yg pikirannya gak bener kita tetep harus sadar lagi ke diri sendiri ( karena dalam agama saya, segala dosa yang pernah kita lakukan baik dimasa lampau atau sekarang akan kembali lagi pada kita, misal kita baik2 aja sama orang terus tiba-tiba ada yang jahatin kita tanpa sebab, langsung tanya sama diri sendiri "ini saya pasti ada dosa, makannya dihukum kayak gini." Lalu istighfar/minta ampunan pada Tuhan, karena pada dasarnya Tuhanlah yang Maha Kuasa membolak-balikkan hati dan mengatur segalanya. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah dan punya hari yang menyenangkan. Amin :) 

Comments

#MemesonaItu

Popular Posts