Gak ada yang salah dengan label Introvert.

Dulu waktu aku belum ngerti dan belum baca buku-buku tentang psikologi sejenisnya aku sering bertanya di dalem pikiran "aku tuh kenapa sih? kok gak kayak temen yang lain." Buat kalian yang kalau mau ngomong di depan umum harus deg-deg an dulu, gak terlalu suka ketemu orang terutama yang belum kenal, pusing kalau ada di tengah keramaian pengennya cepet balik, gak suka ngobrol yang kurang bermakna, lebih suka memperhatikan dari pada bicara, guys you're not alone.

Inget banget jaman smp/sma dulu aku bahkan gak berani ngejawab pertanyaan guru padahal di otak aku udah tau jawabannya! jadi kayak ada rasa 'takut' kalo ngomong, dan kesel sendiri kalo akhirnya aku gak ngomong. Jadi dilematis gitu, pasti kl aku jadi orang lain yang liat diri sendiri waktu itu ikut gregetan juga. Tapi its okay, setiap orang punya prosesnya masing-masing buat belajar, gak mungkin orang tiba-tiba ada di puncak tangga tanpa naik nginjek anak tangga satu per satu. Selama kita mau terus belajar menurutku itu bagus. Barulah pas udah kuliah yang mana pasti ada presentasi di tiap matkul, mau gak mau ya harus ngomong dong. Awalnya aku baca banget (ngapal) teks, lama-lama karena udah biasa, udah tau lingkungan dan sikon aku udah bisa santai di kalo presentasi bahkan rasa deg-deg an pun kadang gak ada.

you can check my artwork via instagram : https://www.instagram.com/m.lifejournal/

Tapi rasa aneh sama diri sendiri itu tetep ada, ketika liat orang lain yang bisa spontan ngocol di depan kelas / bisa akrab sama siapapun / bisa party non stop / bersosialisasi sama semua orang, terus aku mikir kenapa ya kok aku gak bisa spontan juga kayak dia? Kalau mau ngomong aku perlu mikir dulu dalem2. Sampe akhirnya aku cobain ikut tes kepribadian MBTI (Buat kalian yg belum coba, cobain deh guys karena menurutku hasilnya cukup akurat menggambarkan kepribadian kita. di internet banyak kok link nya, atau kalian bisa klik link tes aku cantumkan di akhir tulisan ini ya) dan hasil dari tes itu, tipe kepribadianku adalah INFJ. Buat yang gak tau INFJ itu apa bisa cari aja di google.

Jadi menurut tes MBTI ini, setiap orang itu punya beragam kepribadian. Ada introvert ada ekstrovert. Nah si introvert ini ada macem-macem juga jenisnya, begitupun si ekstrovert. Berdasarkan buku-buku yang pernah aku baca, kaum introvert itu cara memperoleh energinya dari dalam diri sedangkan kaum ekstrovert dapet energi dari luar dirinya. Itulah alasannya kenapa kita yang introvert sering cepet cape aja kalau ada di keramaian, karena energi kita cepet kesedot, jadi kita mungkin lebih memilih buat cari tempat sepi buat ngecas lagi diri kita, kita lebih banyak menghabiskan waktu sendiri. Berbeda sama ekstrovert yang malah bisa stress kalo sendirian, mereka ngisi energi dari lingkungan luar, jadi harus banyak beraktivitas, ngobrol sama orang-orang, pokoknya outdoor activity. Sebenernya tiap orang emang punya waktu-waktu dimana harus sendiri gak bareng siapapun, tapi porsinya aja yang beda. Introvert pasti perlu porsi sendiri lebih banyak karena cara ngecas energinya begitu. Gak ada yang salah guys dengan kita, cuma masing-masing orang punya caranya masing-masing dalam menjalani sesuatu. Jadi kalo dulu aku pernah liat ada temenku yang ngatain temenku yang lain "dia tuh aneh banget" karena orang ini jarang ngomong, please don't say that karena gak ada orang yang suka di pojokkan. Maksudnya kalo kamu dikatain gitu sama oranglain juga pasti gak suka kan? Nyatanya waktu aku ngobrol langsung sama orang ini (cewek yang jalannya selalu nunduk dan jarang ngomong) dia baik lho! cuma pasti dia pilih-pilih aja mau membuka diri sama siapa.

Nah dari baca-baca banyak buku dan tes personality itu aku jadi lebih paham tentang diriku. Pantes aku lebih dapet banyak ide dan inspirasi kalo lagi merenung sendirian, kalo ada acara rame-rame gitu suka mumet, gak terlalu suka mengekspos diri dan cerita di dalemnya kecuali sama orang yang bener-bener deket dan aku percaya, suka mikir dulu mateng-mateng sebelum ngomong, dan banyak lainnya. Nothing wrong with me, aku gak perlu ngerasa aneh karena liat temenku yang bisa spontan ngocol depan kelas karena KITA MEMANG TIDAK SAMA. Kamu hidup pakai cara kamu, aku juga hidup pake caraku. 

Memang aku sadari di zaman ini secara gak sadar pola pikir kita kayak udah di kotakkan kalau siswa yang aktif itu lebih baik dari pada yang pendiam, orang yang punya banyak relasi itu lebih baik, kalo kamu fasih bicara it means kamu keren, iya gak salah. Tapi maksudku jangan melupakan sisi yang lain, siapa yang tau kalo siswa yang pendiam di kelas punya pemikiran jauh lebih maju dari yang lain? punya bakat hebat yang di abaikan karena kita terlalu fokus melihat orang-orang yang show off? mungkin dia gak berani angkat bicara karena memang sistem pendidikan sekang memang dirancang untuk menghargai orang-orang ekstrovert, selain itu banyak juga guru-guru yang gak mengerti cara menghargai pendapat siswa sehingga cenderung meremehkan yang berakibat si anak itu gak mau ngomong lagi, iya sih hidup jangan cengeng, tapi kalo anak TK yang masih kecil dan pola pikirnya belum mateng itu bisa aja bikin dia trauma ngomong/berpendapat. yah gak guna juga sih nyalahin sistem. Tulisan di atas cuma opini dan pikiran aku aja sih guys, tidak ada maksud untuk menyinggung siapapun. Intinya tiap kepribadian pasti ada kekurangannya, tapi Tuhan menciptakan perbedaan itu biar kita bisa saling melengkapi satu sama lain, bukan menjudge satu sama lain. 

Peace & Love for the better life :) ,

Mustika.

buat yang mau coba tes kepribadian MBTI kalian tinggal klik link di bawah dan ikuti petunjuknya, semoga bisa membantu mencari tau diri kita masing-masing :)

Comments

  1. Tulisan nya ngena banget...

    My own type is ISTJ.
    Emang sih suka ngerasa aneh sendiri sama pemikiran ini, kadang2 pengen blow out dengan pendapat2 yg dimiliki atau bahkan keterampilan yang dimiliki. Kadang suka kecewa juga sama diri, padahal keterampilan dan pendapat yang kumiliki kalau di bandingkan orang lain pasti lbih bagus punyaku. Well, kaum kita mungkin kalah sama para ekstrovert yg cuman bisa menghargai skill ekstrovert nya. But, i think every people always have a place in this world. Kalau mau belajar pasti ada "peran" yang cocok untuk di "main" kan. Meski terkadang lbih banyak stress juga dipekerjaan, karena kehidupan yg kompleks semakin dewasa ini mau tidak mau kita harus berkoneksi dengan berbagai jenis kepribadian untuk mencapai kepentingan tertentu.

    Thanks buat tulisan nya yaa.
    Yeaah, we are not alone. Introverted.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Aska! thankyou for visiting my blog :) yup, Tuhan pasti menciptakan masing-masing orang untuk tempat dan peran yang pas.

      Delete
  2. makasih gan buat infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  3. ok makasih buat infonya dan salam kenal

    ReplyDelete
  4. keren mas infonya dan salam sukses selalu

    ReplyDelete

Post a Comment

Masukkan kata kunci